Tingkatkan Moralitas Siswa, SMPN 1 Tanjung Raja Gelar Sanlat Ramadhan

2566 views

Tingkatkan Moralitas Siswa, SMPN 1 Tanjung Raja Gelar Sanlat Ramadhan

Sedari dulu, pesantren kilat (sanlat) merupakan salah satu kegiatan rutin yang diadakan di setiap sekolah saat bulan Ramadhan. Giat sanlat ini adalah upaya guru dalam menggembleng karakteristik islami para siswa-siswinya guna meningkatkan kualitas keimanan dan menambah kekhusyukan dalam menjalankan ibadah puasa di lingkungan sekolah. Demikian kata Nawiyah, Kepala Sekolah (Ka) SMPN 1 Tanjung Raja, Senin (17/04/2023) pagi.

Lebih lanjut dikatakannya, sanlat ini diikuti oleh seluruh siswa kelas Vll, Vlll, dan lX beserta para guru berlangsung selama dua hari sebelum memasuki libur hari Raya Idul Fitri. Serangkaian acara ini dimulai pada pukul 08.00 WIB hingga selesai sekira pukul 10.00 WIB, berpusat di halaman sekolah.

Nawiyah yang dibincangi usai membuka pesantren kilat menerangkan bahwasanya pelaksanaan sanlat hari ini berjalan lancar dan penuh khidmat.

“Acaranya berlangsung khidmat, saya sebagai pembukanya, dilanjutkan pembacaan yasin bersama, ada doa dan Asmaul Husna juga”, ujarnya.

Masih kata Nawiyah, untuk sesi tausiah agama disampaikan langsung oleh Sulman SAg., yang dalam hal ini bertindak selaku pengisi materi dengan mengangkat tema tentang puasa dan sholat id. Selepas itu dilanjutkan dengan doa kemudian penutup, timbalnya.

Melalui pesantren kilat ini, Nawiyah berharap agar karakteristik islami para siswa-siswinya tetap tertanam, terjaga akhlak dan moralitasnya meskipun Ramadhan telah usai nantinya.

“Sekilas bocoran informasi sanlat esok, kami telah mengundang Ustad Ahmad Ijazi SPd. I., yang tidak lain Ka SD IT Kayu Agung. Insyaallah, beliau akan hadir di sini sebagai pengisi materinya. Semoga kelak kita dipertemukan kembali di pesantren kilat Ramadhan tahun depan dan terus ada di tahun selanjutnya”, tutupnya. Laporan Jurnalis FC Ogan Ilir-Sumsel

Author: 
    author

    Related Post